adsen

Sering alami nyeri haid ? Obati dengan 6 obat alami ini

Faktanya, nyeri haid adalah hal yang paling sering dirasakan hampir diseluruh wanita.
Nyeri haid atau dismenorea adalah kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang muncul sebelum atau ketika mengalami menstruasi. Nyeri yang dirasakan terkadang bisa cukup parah dan menyebar hingga ke punggung dan paha, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama dua hingga tiga hari.
untuk mengatasi ketidaknyaman tersebut, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan:

Air Hangat
Saat haid kamu bisa menyiapkan sebotol air yang mudah dibawa untuk berpergian. Dengan menambah perasaan lemon kedalamnya akan memberi rasa dan menggugah selera. minum ai memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung. Namun, air bisa mengatasi perut kembung. 
Minum air membuat tubuh tetap terhidrasi dan membantu mencegah rasa nyeri, begah, atau kembung. Minum air hangat mampu meningkatkan aliran darah ke kulit dan melemaskan otot yang kram. Selain diminum, Anda juga bisa mandi air hangat atau menaruh air hangat ke dalam botol minum dan meletakkannya di bagian perut yang sakit.

Kompres Hangat
Kamu bisa menempelkan botol berisi air panas (jangan air mendidih) ke area yang kram.Selain meredakan rasa sakit, sensasi hangat ini juga bisa membuat area yang kram terasa lebih rileks. 

Pijat
Memijat perut bagian bawah secara perlahan dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi. Anda juga bisa berbaring terlentang sambil menaikkan kaki ke atas atau berbaring miring dengan menekuk lutut sebagai obat nyeri haid alami. Memijat lembut area perut bawah dengan gerakan memutar mungkin bisa membantu meredakan sakit. Kamu bisa melakukan pijatan beberapa hari sebelum haid tiba.

Makanan Bergizi
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen atau makanan kaya akan vitamin E, asam lemak omega-3, vitamin B1, vitamin B-6, kalsium, dan magnesium diduga dapat mengurangi kram ketika menstruasi secara efektif. Hindari minuman beralkohol dan rokok karena bisa membuat kram menjadi semakin parah.

Olahraga
Ayo jangan "mager" rasa tidak nyaman saat haid mungkin membuatmu malas bergerak alias "Mager" tapi kamu harus melawannya dengan aktif bergerak seperti olahraga. dengan berolahraga tubuh dapat memproduksi endorfin. Hormon yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati. 

Aromaterapy
Selain dengan cara alami, meredakan sakit perut ketika menstruasi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat nyeri haid seperti aspirin, acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen. Tentunya tidak melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter.
Obat nyeri haid alami di atas bisa Anda coba untuk meringankan penderitaan yang bisa datang setiap bulan. Jangan segan-segan untuk segera mendatangi dokter terdekat apabila kram dan nyeri haid yang Anda derita terasa semakin parah, bertahan hingga menstruasi sudah selesai, dan tubuh menjadi demam.





No comments:

Post a Comment