adsen

Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh



Siapa yang pernah makan timun? Semua orang pasti pernah bukan. Taukah  kamu bahwa timun salah satu lalapan yang bikin tekanan darah stabil loh. ini karena timun kaya akan kalium.


Mentimun atau cucumis sativus L., adalah tanaman yang termasuk suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Ditilik dari sejarahnya mentimun berasal dari daerah pegunungan Himalaya, di India Utara. Mentimun memiliki banyak varietas tapi pada umumnya mentimun sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Mentimun biasanya dikonsumsi sebagai lalapan, pelengkap menu makanan sehari-hari. Tapi mungkin belum banyak yang tahu bahwa mengkonsumsi mentimun juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lalu apa sajakah manfaat timun tersebut ?
  1. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Nahh bagi kalian yang mengalami Tekanan darah tinggi dan mengonsumsi jus mentimun atau mengonsumsi makanan mentimun langsung secara teratur. Makan mentimun secara teratur dapat dipercaya menurunkan Tekanan Darah tinggi itu karena Mentimun kaya akan kandungan kalium,magnesium dan serat alami sehingga mentimum mampu mengontrol tekanan darah tinggi dengan stabil.
   
     2. Menyehatkan Jantung.
Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat buah pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.Sebagai elektrolit, 
kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.
     3.  Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengkonsumsi mentimun baik bagi penderita diabetes karena mentimun mengandung mineral mangan yang bermanfaat selama proses sintesa hormon insulin dalam tubuh. 

    4.  Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin Kalian hanya mengetahui bahwa wortel lah makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. kalian harus tahu mentimun juga bermanfaat bagi mata  karena mentimun juga mengandung vitamin A. Meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata juga mampu merelaksasi otot dan saraf mata sehingga mata tidak mudah lelah yang dapat memicu penurunan kesehatan mata itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah retensi air yang dapat memicu pembengkakan di sekitar mata.

   5. Menurunkan Kadar Kolestrol

Bagi kalian yang memiliki kolesterol tinggi ada baiknya mulai rutin mengkonsumsi mentimun. Di dalam buah mentimun terkandung senyawa sterol yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

   6. Menjaga Berat Badan yang sehat

Hai guys siapa sih yang tidak menginginkan berat badan yang ideal? 
alian harus tahu Ketimun sangat rendah kalori, namun mereka membuat cemilan mengisi (satu cangkir irisan mentimun hanya mengandung 16 kalori) serat larut dalam mentimun ke tekstur seperti gel dalam usus, membantu untuk memperlambat pencernaan Anda. Ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan merupakan salah satu alasan mengapa makanan kaya serat dapat membantu dengan kontrol berat badan. Mau badan ramping ? Rutinlah mengonsumsi mentimun 

  7.  Menjaga Kesehata Gigi dan Gusi

Kandungan serat dan sifat mentimun yang dingin dapat mengatasi masalah peradangan termasuk radang gusi. Mengkonsumsi mentimun dapat meningkatkan produksi air liur dan menetralisir asam dan basa di dalam rongga mulut sehingga gigi dan gusi tidak mudah terserang penyakit.

  8. Melindungi Otak

Di dalam ketimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.


  9. Mencegah Kanker.

Mentimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol. Ketiga kandungan tersebut sangat berperan dalam menghambat pertumbuhan kanker antara lain kanker usus, kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat

  10. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Pengaplikasian masker mentimun pada kulit wajah sudah dipercaya sejak lama memberikan efek baik pada kulit. Bukan hanya dagingnya, bahkan biji mentimun mengandung vitamin E dan potassium yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, diantaranya:
  • Revitalisasi kulit. Menggunakan masker mentimun secara rutin dapat membuat kulit wajah lebih kencang.
  • Mengurangi bintik hitam atau noda pada wajah.
  • Mengurangi garis halus dan keriput pada wajah.
  • Mencegah Kerutan pada kulit
  • Mengurangi lingkaran hitam pada mata





6 comments:

  1. bermanfaat ilmunya mbak, terimakasih
    mau tanyak boleh mbak?

    ReplyDelete
  2. Apa efeknya terlalu banyak konsumsi timun mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dikatakan efek samping terlalu banyak makan timun mungkin tidak ada ya mbak, cuma beberapa penelitian ada yang mengatakan bisa menyebababkan keputihan dan bisa menyebabkan darah rendah turun secara dratis bagi yang memiliki riwayatat darah rendah. saya sarankan jangan terlalu berlebihan mengonsumsi timun. Terimakasih mbak

      Delete
  3. APakah Semua Timun memiliki pungsi yang sama min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sma mbak, Mentimun adalah salah satu sayuran yang sangat rendah kalori, yaitu hanya 15 kalori per 100 g, dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Mentimun adalah sumber serat makanan yang dapat membantu mengurangi sembelit, dan dapat memberikan beberapa perlindungan terhadap kanker usus, yaitu dengan menghilangkan senyawa beracun dari usus.
      Mentimun juga sumber kalium yang sangat baik , dan elektrolit penting. 100 g mentimun mengandung 147 mg kalium, tetapi hanya 2 mg sodium. Kalium adalah penghasil elektrolit yang baik bagi hati, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatur irama detak jantung dengan melawan efek buruk dari natrium. itu sebabnya mentimun sangat baik bila dikonsumsi tetapi tidak perlu berlebihan

      Delete