adsen

Waspada ! Ini Bahaya Makan Nasi yang dipanaskan Lagi!


Pernahkah anda makan nasi sisa kemarin?
Sebenarnya kebiasaan ini sering dilakukan banyak orang. Apalagi mengingat nasi adalah makanan pokok penduduk Indonesia.
Nasi adalah makanan pokok yang kita santap setiap hari, Mengkonsumsi nasi hangat memang terasa nikmat, hal inilah yang membuat kebanyakan dari kita menghangatkam nasi ketika mulai dingin.
Namun masalahnya kebiasaan ini adalah berdampak buruk bagi kesehatan, Apa itu?

Nasi memiliki spora yang ada dalal bakteri berbahaya  Bacellus Cereus. Spora bakteri akan tumbuh cepat pada nasi disuhu kamar pada saat dipanaskan.

Bakteri ini akan memproduksi toksin yang dapat menyebabkan muntah dan diare jika didiamkan terus-menerus. Bakteri ini dapat memicu penyakit serius.

Dilansir dari Independent.co.uk, National Health Service ( NHS) Sebuah layanan kesehatan publik di Inggris, wales, skotlandia, mengatakan bahwa kita bisa mengalami keacunan makanan jika makan nasi sisa kemarin.
Namun masalahnya, kita bisa keracunan makanan bukan nasi telah dipanaskan ulang atau tidak, tetapi bagaimana cara nasi disimpan setelah dimasak untuk pertama kalinya.

Untuk menghindari masalah kesehatan dan pencernaan akibat dari toksin nasi ini adalah sebaiknya jangan menyimpan nasi, atau jika terpaksa Anda bisa menyimpan nasi didalam kulkas setelah nasi sudah satu jam berada di suhu kamar.

Menyimpan nasi didalam kulkas bisa membuat nasi bertahan lebih lama sekitar satu atau dua hari. Tapi perlu di ingat bahwa menghangatkan nasi sebaiknya tidak dilakukan lebih dari satu kali.


No comments:

Post a Comment