adsen

Cara Bedong bayi yang Baik dan Benar


Kalo ga dibedong nanti kakinya bengkok loh, jangan lupa dirapatkan kakinya biar lurus" mungkin bunda pernah mendengar kata-kata itu atau pernah mengalaminya sendiri.

Ketika membedong (swadding) umum dilakukan pada bayi baru lahir. Pada umumnya sebelum bayi mulai membedong kaki si kecil ditekan dan diluruskan dengan harapan mencegah kaki si kecil dikemudian hari berbentuk "O"

Padahal ketika kaki si kecil yang masih tulang rawan ditekan dan dipaksa diluruskan kemudian dibedong dengan ketat maka dapat menyebabkan Hip Dyplasia (Kegagalan sendi panggul untuk  berkembang secara normal) dan Hip Dyslocation (Dislokasi Panggul) selain itu membedong dengan ketat juga dapat menggangu si kecil untuk bernafas dengan normal.

Beberapa Tips seputar membedong Bayi

1. Perhatikan kondisi bayi anda sebelum membedong, jangan melakukannya ketika dia sedang lapar misalnya atau masih basah setelah mandi ataupun ketika si kecil sedang lelah.

2. Jangan membedong terlalu kencang dengan memaksa kaki bayi agar lurus, seperti ini akan merusak sendi lututnya dan juga bisa menyebabkan displasia pangkal paha. Pastikan anda meninggalkan ruang yang cukup pada bagian bawah bendong (Bagian kaki) sehingga bayi anda tetap bisa menekuk lutunya.

3. Jika cuacanya dingin, anda boleh memakaikan baju dan celana panjang kepada si kecil sebelum ia dibedong, namun jika cuaca panas pastikan ia hanya memakai kaos singlet dan celana pendek, kalau tidak ia akan merasa kepanasan.

4. Jangan sampai kain bedong menutupi wajah bayi anda

5. Ketika bayi anda tertidur dengan dibedong sebaiknya ia jangan diletakkan berdampingan dengan anda, karena ia pun mungkin akan merasa kepanasan. Bayi yang dibedong ketika tidur sebaiknya dibuat sedemikian rupa sehingga sekelilingnya merupakan udara bebas dan tidak tertutup.

Sampai Usia Berapa Sebaiknya Bedong Digunakan ?

Hingga bayi anda berusia 1 bulan, anda masih bisa membedongnya, namun usahakan untuk tidak membedongnya selama ia terjaga.

Jika setelah usia 1 bulan ia terlihat bisa tidur lebih nyenyak dengan di bedong tidak menggapa untuk membedongnya hanya ketika ia tertidur.

No comments:

Post a Comment