adsen

Mom... Ingin Bayi Anda Sehat dan Tumbuh Kembangnya baik .... Inilah Makanan Untuk Ibu Menyusui yang Wajib Dikonsumsi


                Menjadi seorang ibu baru memanglah membuat hati seorang wanita / istri bahagia karena dapat memberikan buah hati kepada sang suami. Menjadi seorang ibu baru berarti bertambah tugas anda sebagai ibu. Menyusui adalah tugas seorang ibu yang harus dilakukan agar bayi yang baru dilahirkannya menjadi sehat. Untuk menunjang kegiatan ibu menyusi, hal yang perlu diperhatikan adalah makanan untuk ibu menyusui agar kandungan asi baik untuk makanan bayi.

                   Jika setelah melahirkan badan anda berubah menjadi tambah gemuk, dalam benak anda yang terfikir mungkin adalah bagaimana cara cepat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Itu merupakan hal yang wajar apabila seorang wanita berusaha menurunkan berat badan setelah melahirkan karena jika tidak segera ditangani, berat badan seorang wanita setelah melahirkan akan cenderung stabil. Akan tetapi lebih bijaknya jika anda juga memperhatikan kebutuhan nutrisi ibu menyusui yang harus dipenuhi. Diet setelah melahirkan dirasa kurang begitu tepat karena pada kubutuhan nutrisi setelah melahirkan justru semakin besar untuk pemulihan. Mengkonsumsi makanan untuk ibu menyusui secara teratur akan membantu anda untuk memperoleh energi yang dapat anda gunakan untuk menyusui bayi yang baru dilahirkan.

            Perlu menjadi perhatian bagi ibu menyusui bahwa kualitas asi harus tetap terjaga. Akan tetapi manakan ibu menyusui tidak begitu mempengaruhi kualitas asi. Saat makanan ibu menyusui kurang nutrisi, tubuh akan tetap memenuhi nutrisi yang diambil dari cadangan makanan yang disimpan dalam tubuh. Jadi untuk kesehatan Anda juga, pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi.

           Menjadi seorang ibu baru memanglah membuat hati seorang wanita / istri bahagia karena dapat memberikan buah hati kepada sang suami. Menjadi seorang ibu baru berarti bertambah tugas anda sebagai ibu. Menyusui adalah tugas seorang ibu yang harus dilakukan agar bayi yang baru dilahirkannya menjadi sehat. Untuk menunjang kegiatan ibu menyusi, hal yang perlu diperhatikan adalah makanan untuk ibu menyusui agar kandungan asi baik untuk bayi.

            Makanan untuk ibu menyusui lebih tepatnya digunakan untuk memulihkan energi pasca melahirkan dan juga sebagai energi tambahan ketika masa menyusui. Oleh karena itu, makanan untuk ibu menyusui penting kiranya untuk terus dikonsumsi selama masa menyusui belum usai. Berikut ini adalah daftar makanan untuk ibu menyusui yang wajib dikonsumsi


  • Ikan salmon

Setiap jenis makanan pasti memiliki kandungan yang berbeda. Setiap makanan juga memiliki keunggulan masing-masing. Tidak ada makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sempurna, jika ada itu kadarnya hanya beberapa persen saja dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu mengkonsum banyak variasi makanan akan menjadi lebih bagi bagi ibu menyusui.

Ikan salmon mengandung lemak terbaik yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Dalam daging salmon terdapat salah satu jenis lemak DHA yang sangat bagus untuk perkembangan sistem saraf bayi. Di dalam cairan asi juga terdapat DHA. Akan tetapi tingkat nutrisi penting jenis ini lebih tinggi kadarnya dalam ASI wanita yang mendapatkan DHA tambahan dari makanan mereka. DHA dalam ikan salmon juga dapat membantu mood Anda, sehingga mengurangi resiko terkena baby blues.


  • Produk susu rendah lemak

Yoghurt, susu, atau keju, yang manapun anda sukai tidak masalah, produk susu adalah bagian penting dari menyusui sehat. Selain menyediakan protein, vitamin B, dan vitamin D, produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Jika Anda menyusui, susu yang sarat dengan kalsium untuk membantu tulang bayi Anda berkembang, sehingga penting bagi Anda untuk makan kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Salah satu cara untuk melakukannya adalah untuk menyertakan setidaknya tiga cangkir susu setiap hari sebagai bagian dari menu makanan Anda.


  • Daging sapi tanpa lemak

Bila Anda sedang mencari makanan untuk meningkatkan energi Anda sebagai ibu baru, carilah makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak. Kekurangan zat besi dapat menguras tingkat energi Anda, sehingga sulit bagi Anda untuk bersaing dengan tuntutan bayi yang baru lahir.

Juga, ketika Anda menyusui, Anda perlu makan protein tambahan dan vitamin B-12. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk keduanya.


  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat bermanfaat, terutama untuk vegetarian. Bukan saja mereka kaya akan zat besi tapi juga kaya akan protein berkualitas non-hewani, dengan harga yang tidak menguras kantong


  • Bluberi


Ibu menyusui harus mendapatkan dua atau lebih porsi buah atau jus setiap hari. Bluberi, kaya akan antioksidan, adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan Anda. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral dan karbohidrat dalam dosis yang sehat untuk menjaga tingkat energi Anda.


  • Beras coklat atau beras merah

Jika Anda ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, anda pasti akan mengurangi asupan karbohidrat Anda. Tapi kehilangan berat badan terlalu cepat menyebabkan Anda menghasilkan lebih sedikit ASI dan membuat Anda merasa lesu. Makanlah jenis karbohidrat yang sehat seperti beras coklat / beras merah atau roti gandum untuk menjaga tingkat energi anda.


  • Jeruk


Mudah ditemukan dimana-mana dan bergizi, jeruk sangat penting karena ibu menyusui membutuhkan vitamin C dosis tinggi, bahkan lebih banyak daripada ibu hamil. Tidak dapat menemukan waktu untuk duduk untuk mengupas jeruk? Minum jus jeruk memberikan manfaat yang sama. Beberapa jus jeruk yang dijual di supermarket sekarang bahkan telah diperkaya dengan kalsium, sehingga anda dapat memperoleh manfaat ganda.


  • Kuning Telur

Kuning merupakan sumber vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang anda. Pada saat wanita sedang hamil, keluhan sakit pada tulang belakang seringkali dijumpai. Untuk menghindari terjadinya keropos tulang, atau nyeri pada persendian tulang cara terbaik adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kesehatan tulan, salah satunya adalah kuning telur.

Rajin mengkonsumsi telur dengan jumlah yang sesuai takaran akan membantu anda memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Cukup dengan menyiapkan telur dadar atau rebus untuk pendamping sarapan Anda bersama roti gandum atau tambahkan pada soto saat makan siang.


  • Roti gandum (whole wheat bread)

Roti gandum merupakan salah satu makanan untuk ibu menyusui yang wajib dikonsumsi. Gandum merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber asam folat terbaik, selain itu gandum juga menyumbang kebutuhan serat dan zat besi dalam tubuh anda. Seperti kita ketahui bahwa asam folat adalah salah satu senyawa yang sangat penting keberadaannya untuk perkembangan janin pada tahap awal kehamilan. Mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan akan membantu anda menghindari cacat bayi pada saat persalinan. Kekurangan asam  Asam folat juga berdampak pada kondisi psikis anak.


  • Sayuran berwarna hijau


Banyak manfaat sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Mereka sangat kaya dengan vitamin A, yang perlu bayi dapatkan dari ASI. Sayuran juga merupakan sumber kalsium non susu, vitamin C, zat besi, antioksidan dan rendah kalori.


  • Sereal / bubur gandum

Sarapan sehat dengan sereal gandum mampu membantu memberikan energi yang dibutuhkan setelah malam-malam panjang bergadang menjaga bayi. Tambahkan susu rendah lemak dan buah-buahan ke dalam sereal anda untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anda.


  • Air


Dehidrasi menurunkan tingkat energi seseorang secara drastic. Untuk menjaga tingkat energi Anda dan produksi ASI, pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik. Variasikan pilihan Anda dalam memenuhi kebutuhan cairan dengan minum jus dan susu, tapi hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh. Bila terpaksa, minum maksimum 2-3 cangkir saja. Kafein akan memasuki ASI anda dan bayi anda akan menjadi sulit tidur.

Meskipun dalam sehari tidak semuanya dapat dikonsumsi, akan tetapi setidaknya dalam sehari makanan untuk ibu menyusui mengandung beberapa makanan yang terdapat dalam daftar diatas. , , , , ,

No comments:

Post a Comment