adsen

Apa itu Asam Urat ? Yuk kenali tanda-tanda dan penyebabnya pada kalangan Muda


Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Munculnya fenomena penyakit asam urat yang menyerang kalangan muda banyak dipengaruhi oleh bebreapa hal berikut : 
  1. Penyakit Asam urat karena faktor makanan, banyak jenis makanan yang sangat berperan pada munculnya indikasi penyakit asam urat yang menimpa kalangan muda, kegemaran makan seafood, jeroan, konsumsi makanan mengandung kadar gula tinggi, jenis kacang-kacangan, makanan kalengan
  2. Penyebab asam urat karena kebiasaan minum alcohol dan kafein serta minuman bersoda. Jenis zat tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit asam urat yang seharusnya bisa dibatasi, namun pola makan anak muda zaman sekarang lebih terbiasa dengan makanan seperti itu.
  3. Penyebab asam urat karena kegemukan, berat badan sangat mempengaruhi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh karena sebanding dengan tingginya kadar lemak seseorang. Penderita obesitas harus memilih obat. Asam urat yang cocok untuk menangani penyakit ini sekaligus menurunkan kadar lemak kolestrol dalam tubuh.
  4. Penyebab asam urat karena kurangnya olahraga, potensi peningkatan kadar asam urat bisa berasal dari proses metabplisme tubuh yang tidak lancar karena kurangnya pergerakan. Olahraga ringan secara teratur bisa menjadi obat asam urat yang meminimalisir resiko naiknya asam urat dalam tubuh.
  5. Faktor efek samping penggunaaan obat-0batan. Penyebab asam uratyang satu ini bisa diatasi dengan menghentikan penggunaan obat-obatan yang bermasalah dan meminta dokter untuk memberi resep obat asam urat yang cocok dan aman. 
 Gejala dan Tanda-tanda Asam Urat


Gejala gangguan asam urat diantaranya :
  • Daerah persendian terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan terjadi pembengkakan serta peradangan berwarna kemerahan.
  • Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur maupun pada malam hari.
  • Rasa nyeri terjadi secara berulang-ulang
  • Pada kasus yang lebih parah, daerah persendian akan terasa sakit saak digunakan untuk bergerak.
  • Organ tubuh yang biasanya terserang adalah sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan, maupun siku.

Cara pengobatan gangguan asam urat

1. Metode tradisional

Setelah mengetahui bahwa Anda sedang mengalami gangguan asam urat, sebaiknya segera beristirahat dan mengompres bagian sendi yang terasa nyeri dengan es batu yang dibungkus dengan handuk selama beberapa menit yaitu +/- 20 menit. Hindari menerapkan es batu langsung ke bagian sendi yang sakit, karena hal tersebut justru akan merusak permukaan kulit.

2. Metode obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan berikut dapat membantu meredakan gangguan asam urat Anda, seperti :
  • Penggunaan obat anti-inflamasi non steroid yang digunakan untuk meredakan rasa sakit, seperti etoricoxib,  disclofenac, dan naproxen.
  • Penggunaan Colchicine untuk mengurangi kekuatan kristal-kristal natrium urat  dalam menyebabkan peradangan pada daerah persendian. Dengan berkurangnya kemampuan kristal-kristal tersebut, maka rasa sakit bisa berkurang.
  • Penggunaan kortikosteroid yang disuntikan ke dalam otot atau langsung ke dalam sendi yang mengalami radang untuk meredakan rasa sakit.
Pencegahan gangguan asam urat
  • Menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin seperti Ikan hering, sardin, teri, hati, kaldu, daging, jeroan, ikan tuna, ikan trout, lobster, udang, kerang, kacang-kacangan, kembang kol, dan lain sebagainya.
  • Mengurangi minuman yang mengandung alkohol, karena alkohol merupakan minuman yang kaya akan zat purin.
  • Usahakan untuk mengkonsumsi air putih yang banyak mengandung alkaline sebanyak 12 gelas perharinya.
  • Mengkonsumsi susu dapat menurunkan kadar asam urat hingga 0.25 mg/dl.
  • Menjaga berat badan
  • Konsumsi multivitamin dan vitamin C

1 comment:

  1. " makan seafood, jeroan, konsumsi makanan mengandung kadar gula tinggi, jenis kacang-kacangan, makanan kalengan "

    Artikel ini melarang makanan ini semua , jadi kami harus makan apa ?

    ReplyDelete